Berusahalah Menjadi Alien Demi Masa Depan yang Lebih Baik

Posted: at 12:00 am - Category:

Sumber: blog.healthecareers.com

Pengalaman saya ketika meeting dengan CTO dan HRD Staff dari salah satu perusahaan IT ternama di Indonesia membuktikan bahwa mahasiswa/fresh graduate yang bertipe Alien-lah yang dicari oleh perusahaan untuk bergabung dengan mereka. Ketika perusahaan mengetahui ada mahasiswa yang bertipe Alien, mereka sangat antusias untuk segera bertemu dengan mahasiswa tersebut. Perusahaan tidak akan ragu-ragu untuk menerima Anda setelah mengetahui extra ordinary things yang Anda lakukan dan bagaimana Anda men-expand boundaries Anda.  Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya untuk menjadi Alien?

Be an Independent Learner

Berdasarkan pengalaman salah satu Alien yang saya ketahui, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi seorang independent learner. Ketika Anda merasa bahwa apa yang Anda dapatkan di kuliah masih belum memuaskan Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan studi mandiri untuk mengeksplorasi hal-hal yang Anda rasa belum memuaskan tadi sampai Anda merasa puas.  Hal ini juga harus Anda lakukan ketika Anda tertarik dengan hal-hal baru yang ingin Anda pelajari dan kuasai.

Saya pernah memiliki pengalaman juga yang terkait dengan bagaimana menjadi seorang independent learner. Saat itu saya sama sekali buta dengan Macromedia Director dan saat itu pun saya juga belum mendapatkan materi tentang Sistem Multimedia. Namun saya tidak menyerah, saya mencoba belajar sendiri sampai akhirnya bisa menyelesaikan Tugas Akhir saya.  Berikut saya sampaikan kutipan dari tulisan saya di blog yang lama.

Kisah inipun berlanjut pada waktu akan menyelesaikan kuliah di Program Studi Teknik Informatika UAJY. Ada keinginan untuk menjadikan tugas akhir sebagai karya monumental. Berbekal modal nekat (dalam artian belum memiliki referensi maupun kemampuan scripting Lingo di Macromedia Director yang cukup) maka saya memutuskan untuk membuat sebuah “sistem informasi interaktif multiuser sebagai alat bantu proses pengajaran berbasis multimedia”. Beruntung kemudian saya menemukan file dokumentasi mengenai Macromedia Director dan Lingo di situs resmi Macromedia waktu itu yang bisa diunduh secara gratis (sekarang sudah diakuisisi Adobe). Keberuntungan kembali datang ketika ada teman yang pergi ke Bandung dan bisa mencarikan buku import tentang Macromedia Director (red: dahulu buku tentang Macromedia Director belum sebanyak sekarang ini). Setelah perjuangan panjang selama 1 semester, terlebih karena saya tidak punya jiwa seni, sementara tugas akhir ini berkaitan dengan seni (desain dan multimedia), akhirnya tugas akhir pun berhasil terselesaikan dengan baik. Kepuasan pun kembali saya rasakan meski tidak sepenuhnya karena nilai akhir yang saya peroleh tidak sempurna (*harus summon siapa ya :p) – Jadikanlah Tugas Akhirmu sebagai Karya Monumental

Always Do Your Best

Cara kedua dapat Anda lakukan dengan selalu mengerjakan apa pun dengan sebaik-baiknya dan sepenuh hati sehingga Anda dapat menghasilkan produk yang terbaik. “kerja adalah cinta yang ngejawantah, dan jika kau tiada sanggup bekerja dengan cinta hanya dengan enggan, maka lebih baik jika kau meninggalkannya, lalu mengambil tempat di depan gapura candi, meminta sedekah dari mereka yang bekerja dengan suka cita” (Sang Nabi, Kahlil Gibran). Jika Anda mengerjakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, maka tanpa Anda sadari proses tersebut telah membuat Anda menjadi seorang Alien. Ketika Anda mengerjakan tugas/projek mata kuliah dengan sungguh-sungguh, maka Anda akan memahami dengan baik apa yang Anda lakukan. Beda dengan ketika Anda mengerjakannya dengan asal, maka yang Anda ketahui hanya sedikit saja.

Sumber: http://www.thebridgemaker.com

Finally, berusahalah menjadi Alien demi masa depan yang lebih baik. Jika Anda saat ini atau nanti sudah masuk kategori mahasiswa Alien, silahkan kontak saya dan akan saya bantu Anda agar Anda dapat direkrut oleh perusahaan ternama tersebut.